Jumat, 12 Maret 2010

kODE ETIK MENGGUNAKAN EMAIL

kode etik menggunakan email, sebelum membahas inti dari pembahasan inti, akan terlebih dahulu di jelaskan apa itu email. mungkin sebagian besar mengetahui apa itu email dan fungsinnya buat apa, namun tidak menutup kemungkinan ada yang belum mengetahui tentang definisi email itu sebenarnya.

Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau jika dalam bahasa Indonesia adalah surat elektronik. Seperti layaknya surat biasa pada umumnya, email berfungsi untuk mengirimkan surat atau pesan kepada orang lain. Perbedaan anatara surat bisa dengan email adalah email sudah tidak lagi membutuhkan kertas sebagai media untuk menuliskan pesan, media yang di gunakan adalah berupa Data digital yang di kirimkan melalui internet.

sebab itulah email juga mempunyai kode etik, karena email mempunyai fungsi untuk membantu jika tidak di lengkapi dengan etiket yang benar akan menjadi masalah bagi pengguna email tersebut. ada beberapa kode etik menggunakan email agar tidak menjadi masalah bagi pengguna email. antara lain yang harus di perhatikan :

1. Sebelum mengirimkan suatu pesan e-mail, pertimbangkan terlebih dahulu apakah pesan tersebut pantas diterima si penerima. Isi e-mail tertentu dapat membuat si penerima salah paham dan menimbulkanrasa marah. Bila anda menerima e-mail seperti itu, segeralah jawab kepada si pengirim untuk tidak mengirimkannya e-mail sejenis itu lagi.

2. Sesuaikan bahasa e-mail anda dengan kepada siapa saja e-mail itu anda tujukan. Ingat bahwa dengan e-mail anda dapat berkomunikasi langsung dengan berbagai pihak dalam suatu perusahaan.

3. Jangan mengunakan e-mail untuk hal-hal yang bersifat sangat pribadi

4. Segera jawab e-mail yang membutuhkan jawaban anda, Bila anda belum mempunyai jawaban kirimkan pesan bahwa anda akan menjawabnya pada waktu atau tanggal tertentu, agar si penggirim email kepada anda tidak menunggu terlalu lama.

5. Jangan mengunakan e-mail bila hal ini akan mengurangi kesempatan anda bertatap-muka dengan seseorang E-mail tidak akan pernah dapat menggantikan manfaat yang lebih besar dari komunikasi tatap-muka secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar